Mobil Retro - Old Machine With Young Blood

Komunitas Holden di Indonesia

Komunitas atau klub pecinta mobil retro di indonesia, terdiri dari bermacam-macam jenis yaitu :

  • Komunitas yang berbasis pabrikan atau jenis mobil. Alasannya mungkin sederhana, mobil yang sama jenisnya tentu memiliki permasalahan yang sama pula.
  • Komunitas yang berbasis pada daerah tempat tinggal. Ini biasanya terjadi di daerah sub-urban atau kota satelit, seperti Bekasi, Bintaro, Depok, atau Bogor. Biasanya, klub ini tidak mempedulikan jenis mobil atau pabrikan. Mereka lebih menitikberatkan kebutuhan wadah karena alasan kesamaan domisili.
  • Komunitas berbasis bengkel. Tidak jarang bengkel modifikasi membentuk satu perkumpulan atau komunitas yang menghimpun para pelanggannya.
  • Komunitas yang berbasis internet alias komunitas online. Komunitas ini sekarang banyak bermunculan via internet dalam bentuk forum diskusi otomotif on-line.

Apapun basisnya, banyak keuntungan yang didapat dengan mengikuti komunitas, seperti kemudahan mendapatkan informasi mengenai cara perawatan, restorasi, dan ketersediaan sukucadang.

Salah satu komunitas mobil retro yang cukup solid adalah komunitas Holden. “Holden”, adalah salah satu merk mobil lama yang tetap eksis di dunia otomotif. Produk Holden masuk ke Indonesia, sekitar tahun 1960-an,dan bertahan hingga tahun 1980-an. ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) terakhir yang menjual berbagai varian Holden adalah PT Indauda (Udatimex).

Walaupun tidak lagi masuk ke indonesia, jumlah penggemar mobil holden retro ini justru bertambah. Berbagai varian Holden pun masih sering terlihat lalu lalang di sepanjang jalan, mulai dari keluaran 60-an hingga 80-an seperti Special, Kingswood, Premiere, Statesman, Torana, Monaro, Sunbird, Comodore, Aska, Camira, Gemini dan Calais.

Para penggemar fanatik, mengkoleksi mobil ini karena alasan kekuatan dan kehandalannya yang memang sudah teruji. Bahkan beberapa diantarnya membentuk komunitas tersendiri. Jumlah komunitas Holden retro cukup banyak,  tetapi yg yang terdaftar secara resmi di induk organisasi otomotif Indonesia (IMI) adalah komunitas Holden Indonesia.

Organisasi ini  berdiri pada tanggal 01 September 2001, sebagai wadah peleburan dari beberapa komunitas lawas penggemar holden seperti Holden Wise Indonesia, Holden Owners dan Holden Club Jakarta.

Sudah banyak kegiatanpun yang dilakukan dari dan untuk anggota Holden Indonesia,  seperti menggelar kegiatan-kegiatan bersifat sosial, kegiatan reguler seperti kongkow dan konvoi, aksi solidaritas kepada korban bom Bali dan di Kedutaan Australia, peduli gempa Jogjakarta hingga penyerahan bantuan kepada korban-korban bencana banjir rutin dilakukan.

Holden Indonesia pun sering mengadakan kegiatan yang melibatkan komunitas-komunitas lain, untuk merajut jalinan keakraban, seperti menggelar kontes modifikasi bertajuk Holden Indonesia Creative Contest.

Anggota dari Holden Indonesia bebas mengekspresikan diri melalui mobil-mobilnya, oleh sebab itu keanggotaanya tidak dibatasi, apakah pengikut aliran original atau modifikasi. Bagi para penggemar mobil retro, mengikuti satu aliran memang hak yang sangat personal, bahkan cenderung menunjukkan sisi narsisme atau representasi pribadi. Namun,  tetap saja membutuhkan klub atau komunitas sebagai wadah bertukar informasi serta bersosialisasi sesama anggota.

Sumber :

  • ngobrolaja.com
  • otomotifnet.com
  • detikoto.com

Mobil Retro Dot Com

Top Desktop version