Mobil Retro - Old Machine With Young Blood

Modifikasi Datsun Kotak 510 (1)

510 adalah salah satu seri dari Datsun yang membuat sejarah di amerika serikat.

Dengan mesin OHC, suspensi independen serta harga yang terjangkau (dibawah $ 2.000) pada era tahun 1960an , sedan berukuran kompak ini segera memiliki pasar tersendiri.

Bukan hanya untuk penggunaan sehari-hari, mobil ini juga banyak dipakai untuk kompetisi di dunia balap. Bahkan 510 juga menjadi mobil reli pilihan Nissan untuk menggantikan Cedric. Tak memakan waktu lama, Datsun 510 segera mewarnai jalan–jalan di amerika serikat dan terjual sekitar 400 ribu unit

Akan tetapi, tidak semua konsumen bisa mendapatkan semua versi 510 yang diproduksi oleh Datsun. Lihat saja, sementara Datsun masih berusaha mengukir nama di Amerika Serikat dengan 510 versi standar yang dilengkapi dengan mesin kapasitas 1,6L, Jepang telah membuat versi berbeda untuk penjualan di dalam negerinya.

Datsun 510 SSS Sport Fastback dengan  lampu belakang “one piece” adalah salah satu contohnya. Mobil ini menggunakan mesin yang lebih besar yaitu 1.8L SOHC L-series. Versi inipun dibuat model mewahnya yang disebut sebagai “Bluebird”. Perbedaan yang utama terletak pada bagian “trim” dalam dan luar yang menggunakan bahan yang lebih “lux”.


Di negara asalnya, Bluebird dengan cepat mengalahkan penjualan Toyota Corona yang saat itu merupakan mobil dengan angka  penjualan teratas. Akan tetapi kebijaksanaan Datsun untuk tidak menjual “bluebird” di Amerika Serikat tetap menjadi misteri sampai saat ini. Mengapa dengan segala kelebihannya, “bluebird” tidak pernah secara resmi dipasarkan di amerika serikat yang notabene adalah gudangnya produsen mobil-mobil yang spektakuler pada jamannya.

Beberapa kalangan berpendapat, bahwa hal itu terjadi karena Datsun merasa bahwa dengan memasarkan Datsun yang “berkelas”, akan bertentangan dengan gagasan awal pemasarannya untuk menjual mobil yang murah dan berkualitas. Akan tetapi apapun masalahnya, Blue Birds telah mendapatkan banyak penghormatan dari banyak pemerhati otomotif di seluruh dunia.
Di amerika serikat sendiri, walaupun termasuk langka, ada beberapa lusin mobil ini dengan model stir kanan yang diimpor secara pribadi. Akan tetapi hampir seluruhnya digunakan untuk keperluan balap, jadi jarang sekali Bluebird ini diketemukan berkeliaran di jalan-jalan umum di amerika serikat.

Ted Lo dari Arcadia, CA, adalah salah satu pemilik mobil ini. Ted membeli Bluebird pada bulan Maret 2005, dari seorang temannya yang memiliki Bluebird yang sudah direstorasi di Negara asalnya.

Ted sangat terkesan sekali dengan mobil ini, terutama dengan suara tarikan mesinnya yang menggunakan karburator Mikuni 40mm.
Mesin asli Bluebird yang terbuat dari besi dengan kapasitas 1800cc, telah diganti dengan  SR20DET S19 yang sanggup mengeluarkan daya hingga 250 horsepower.

Beberapa parts racing pun ditambahkan antara lain sebuah GReddy intake, TiAL blow-off valve dan  high-flow, dan ceramic-coated tubular stainless steel exhaust manifold. Sebuah HKS turbo timer juga ditambahkan untuk menjaga keawetan turbo-nya.Beberapa teman dari Ted menyayangkan penggantian mesin dengan SR20DET generasi S19, karena pada saat itu generasi terbaru yaitu S20 telah muncul. Tetapi ternyata menurut Ted,  “engine swap” menggunakan SR20 agak sulit karena exhaust manifold-nya membentur steering column.

Ted juga memadukan SR20DET-nya dengan gearbox 6 kecepatan, serta driveshaft “Silvia” yang telah diperpendek dan disesuaikan dengan gardan belakang. Untuk menerima limpahan tenaga yang sedemikian besar, gardan OM belakangpun dipensiunkan dan diganti dengan Subaru limited slip-diff dari unit R200  Z31-generation (1984-89) 300ZX Turbo yang menggunakan sirip-sirip pendingin yang unik. Sistem pembuangan / Exhaust mobil ini adalah catalyst-free yang menggunakan “single Rrated three-inch pipe” dan  HKS muffler.

Artikel Terkait :

Sumber : superstreetonline.com

Mobil Retro Dot Com

Top Desktop version